Rabu, 21 Desember 2011

Indahnya Puncakmu

Pagi itu, 18 Desember 2011, akhirnya puncak itu kami taklukkan. Puncak dari sebuah gunung yang begitu gagah nan indah di kawasan Taman Nasional Gede - Pangrango. Sungguh sebuah pendakian yang luar biasa, tak seperti pendakian - pendakian sebelumnya, karena di sini saya menemukan sahabat - sahabat baru.

Pendakian kami mulai dari basecamp gunung Gede yang berada di kawasan Gunung Putri. Tak seperti pada umumnya, kami memilih melalui jalur pendakian gunung putri daripada melalui jalur cibodas karena medannya  yang lebih mudah. Sekitar jam 08.00 kami mulai berangkat. Dengan 12 orang setiap kelompok kami mulai berjalan untuk  menjemput puncak.

Raga yang tak sekuat dahulu pas jaman duduk di bangku sma, kini baru mencapai beberapa meter saja nafas sudah terengah-engah. Semangat untuk mencapai puncak mengalahkan segala letih. Akhirnya sekitar jam 14.00 kami mencapai sebuah padang yang begitu mempesona, itulah Alun - alun Surya Kencana. Sungguh sebelumnya, saya belum pernah menjumpai padang seluas Surya Kencana dalam pendakian gunung - gunung yang lainnya sebelumnya. Bunga edelweiss yang tumbuh di setiap sudut padang Surya Kencana menambah kecantikannya, sayang sekali waktu itu bunga edelweiss belum mekar sempurna.

Selanjutnya kami putuskan untuk bermalam di Surya Kencana. Serombongan pendakian umum nampak harmonis dengan mendirikan tenda - tenda berjajar di sekitar mata air di Suryai set Kencana. Kami habiskan malam itu dengan bercerita dan bercengkerama bersama. Penuh canda tawa di setiap perbincangan kami, mengusir udara dingin malam itu yang diselingi hujan gerimis. Sungguh pengalaman berharga, cerita yang akan selalu terkenang.

Tak terasa kami larut dalam canda itu, hingga akhirnya sang fajar pun datang. Sekitar pukul 08.00 kami memutuskan untuk mendaki ke puncak. Sekitar 1 jam kami berjalan, akhirnya puncak itu kami  jamah bersama. Wangi puncak sebuah gunung yang lama tidak saya rasakan akhirnya bisa kembali menghirup baunya puncak sebuah gunung. Sayang sekali cuaca saat itu kurang mendukung, kawah puncak gunung Gede yang harusnya terlihat tak bisa terlihat kala itu, gagahnya gunung tetangga (Gunung Pangrango) yang begitu sixpackya juga sayang tidak bisa kami abadikan gambarnya, tapi semua itu bisa tergantikan dengan kebersamaan kami mencapai puncak.

Akhirnya setelah puas kami berada di atas, kami putuskan untuk turun ke Surya Kencana. Sampai di Surya Kencana, kami istirahat sejenak, menyantap hidangan khas pendakian, yakni makan bersama makanan yang  bisa kami bilang begitu mewah untuk sebuah menu pendakian, sungguh begitu terasa kebersamaan itu. Selesai istirahat, kami putuskan untuk turun menuju basecamp Gunung Putri. Di perjalanan ada seorang diantara kami yang merasa sangat kelelahan dengan pijakan kakinya yang sudah begitu terlihat lemas sekali, tapi semua itu bisa kami hadapi dengan rasa kebersamaan yang begitu mengharukan, akhirnya sekitar pukul 17.00 pun tak terasa kami sudah sampai di basecamp. Kami istirahat sejenak, tak harus menunggu pun truk yang menjemput kami sudah menunggu.

Kami pun bergegas menuju kendaraan besar itu, perlahan kami meninggalkan Gunung Gede. Sungguh begitu indahnya dirimu, sungguh luar biasa segala penciptaan-Mu Ya Allah. Terima kasih Engkau ijinkan kami menikmati kebesaran-Mu. Sungguh akan kurindukan untuk bisa kembali menjamahmu, Gunung Gede. Tunggu kami di lain kesempatan.