Rabu, 14 Desember 2011

Semoga Menjadi Ilmu

Dan akhirnya pun terbangun tepat jam 03.00 waktu sekitar bintaro, terbangun karena belum sholat isya' (parah...Astaghfirullah). Sempet merem melek sih sebelum akhirnya bangun beneran #pemalas :D. Brek, bangun lah akhirnya sang pemalas, bergegas ke kamar mandi abil air wudhu, suegerrr, kemudian sholat isya'.

Selesai isya yg biasanya jam2 segitu krasa ngantuk banget, tumben malah g pengen narik selimut. Ambilah hp yg tk taruh di kasur (biasa, buat alarm :D). Niat awal mau buka opera mini buat OL, males kalo mesti buka laptop, apalagi pagi gini, eee sebelum buka opmin diatasnya ada aplikasi surat Yassin, download udah lama tapi g pernah kebaca, ckck parah lagi parah lagi. Alhamdulillah akhirnya kebaca juga.

Kembali ke niat awal, yaitu buka opmin yang biasanya langsung pencet tanda bintang plus angka 6, apakah artinya itu??? hehehe...akhirnya proses loading pun berjalan. Setelah sepersekian sekon, terbukalah timeline twitter, haha. Scroll ke bawah dan ke bawah, selintas g ada twit yang menarik. Tanpa sadar saya scroll kmbali ke atas, ada twit seorang temen (sebut sajaa *tiiiittt* #sensored :D) yang cukup menarik karena jujur saya g paham arti salah satu kata dari twit temen tersebut, apahkah kata tersebut??? Amal Jama'i...yaa jujur saya g tahu apa arti kata tersebut, tp terlintas dalam pikiran, kata jama'i perasaan mirip dengan kata jama'ah yang artinya bersama-sama. Daripada menduga-duga g jelas, saya search kata itu lewat penerawangan mbah google, dapet deh artinya.

Dalam sebuah blog menyebutkan bahwa arti amal jama'i secara bahasa berarti “sekelompok manusia yang berhimpun bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama. ”Al-‘amalul al-jamaa’i berarti bekerja sama berdasarkan kesepakatan dan bekerja bersama-sama sesuai tugas yang diberikan untuk memantapkan amal. Jadi, Al-‘amalul al-jamaa’i mendistribusikan amal (pekerjaan) kepada setiap anggota berdasarkan potensi yang dimilikinya untuk mencapai tujuan. Yaa...dari arti yang panjang tersebut, yang bisa saya simpulkan adalah bahwa amal jama'i secara singkat mungkin artinya perbuatan manusia yang dilakukan bareng-bareng untuk mencapai sebuah tujuan, tujuan yang baik tentunya :).

Tak berselang lama setelah pegang hp, mucul niatan buat sholat shubuh ke mesjid setelah membaca sedikit artikel tentang amal jama'i td (insyaf ni critanya, mudah2an bisa konsisten, amiin :)). Akhirnya adzan shubuh terdengar juga, yang biasanya tiap ada adzan shubuh g pernah denger, Astagfirullah #parahnyatambah. Kemudian ambil air wudhu, berangkatlah ke mesjid. Sungguh pelajaran berangkai yang bisa saya dapatkan, dari terbangunnya saya karena belum isya', dan setelah baca artikel tentang amal jama'i yang bisa menggugah hati saya untuk jama'ah di mesjid. Alhamdulillah :).

Ada pelajaran lagi yang saya dapatkan sebelum bergegas ke mesjid, keluar pintu kamar berpapasan dengan kakak kelas saya kuliah. Ngomong lah dia mita ijin minta air minum (maklum air minum khas mahasiswa penghematan, satu galon buat rame-rame) yang kami taruh di lorong depan kamar. G cuma bilang minta air minum, dia pun ngasih komentar "rajin bener lu bud, ajaklah yang lain sholat shubuhnya" intinya gitu, merasa kaget dengan omongannya, orang lain yang enggak sekeyakinan (maaf sebelumnya) bisa mengingat saya untuk ngajak yang lain sholat. Tersirat rasa bersalah dalam diri saya, bingung apakah mau bangunin temen yang masih tidur atau enggak, takut ganggu tidur mereka (untuk yang kebetulan baca postingan saya ini, dan tahu bagaimana sikap saya seharusnya, tlg bagi ilmunya yaa, jangan lupa follow dulu :))

Saya bingung bagaimana harus bersikap, apakah mbangunin mereka yang sedang pules-pulesnya tidur, tapi merasa g enak kalo mesti ganggu mereka. Apalagi setelah baca artikel tadi, ada salah satu pelajaran yang bisa saya petik lagi dalam salah satu poinnya, "Dengan amal jama’i balasan yang diberikan berlipat ganda, Allah SWT memberikan ganjaran yang besar kepada ibadah yang dilakukan secara berjamaah seperti shalat berjamaah dan sebagainya". Nah itu yang membuat saya bimbang, apakah harus membangunkan mereka, tp takut ganngu. Akhirnya saya putuskan untuk belum membangunnya, tapi dengan rasa yang bersalah banget, tp dalam hati berkata mudah2an mereka bangun.

Akhirnya saya bergegas menuju mesjid, brrrr...suegerr banget udaranya, sungguh nikmat yang tiada tara atas segala kuasa-Nya. Lama g pernah merasakan keluar pas shubuh2 setelah pindah ke komplek ini (PJMI, Bintaro). Sepulang dari mesjid, saya merasa ada pelajaran yang terangkai di pagi ini, dari mulai awal kebangun karena belum sholat isya' dan sampai akhirnya saya bisa sholat shubuh di mesjid, yang pada akhirnya tertuang lewat postingan ini..hehe. Mungkin bila saya g bangun, udah g sholat isya, g bisa shubuh jama'ah lagi. Jujur niat saya untuk jama'ah sholat shubuh di mesjid karena membaca artikel tetang amal jama'i td. Sungguh merupakan pelajaran atau ilmu, bahkan mungkin bisa disebut hikmah yang sangat berharga yang bisa saya peroleh pagi ini. Alhamdulillah, karena pada dasarnya semua ilmu itu hanya datang dari Allah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar